Plagiarism Semua yang lo mau disini ..!: [KEKEONGEUN] Cara Ampuh Mengobati Kuku Cantengan .. !!!

Monday 22 September 2014

[KEKEONGEUN] Cara Ampuh Mengobati Kuku Cantengan .. !!!


Penyakit Cantengan(Paronichia) atau yang biasa dikenal dengan Kekeongeun dalam bahasa Sunda adalah suatu penyakit yang bisa disebut simple namun sangat membuat pemilik penyakit ini sangat menderita . .
 
Cantengan parah

Penyakit ini bisa merembet menjadi penyakit stress atau bahkan Darah tinggi .. Kenapa ? Karena penyakit ini sangat membuat penderitanya jengkel tingkat dewa .. why?? Because penyakit ini terlihat kecil namun sakitnya sampai seluruh badan ,, bahkan rasa sakitnya bisa sampai kedalam tulang ..uuhhhh .. [Memilukan]  

Paronychia adalah infeksi pada kulit di sekitar kuku jari tangan atau kuku jari kaki. Paronychia biasanya akut, tetapi kasus kronis bisa terjadi. Pada paronychia akut, bakteri (biasanya Staphylococcus aureus atau streptococci) masuk melalui robekan pada kulit diakibatkan dari trauma pada lapisan kuku (lapisan pada kulit keras yang tumpang tindih disisi kuku), hilangnya kutikula, atau iritasi kronis (seperti dari air dan detergent). Pada kaki, infeksi seringkali mulai pada jari kaki yang tumbuh ke dalam.


Tanda dan Gejala
 Tanda dan gejala paronikia Gejala awal paronikia dapat berupa kemerahan dan pembengkakan di sekitar kuku, yang disebut cellulitis. Pada keadaan ini kuku sangat sakit bila disentuh dan, kemudian berlanjut kuku dan/atau kulit menjadi berwarna kuning-hijau, yang menunjukkan bahwa terjadi pengumpulan nanah dibawah kuku dan kulit (disebut abses).
Gejala yang paling sering dan tanda-tanda paronikia, sebagai berikut:
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Bernanah
  • Terasa Nyeri bahkan terasa nyut-nyutan.

kekeongeun
Jenis Paronhycia
  • Paronychia akut: Pasien dengan paronychia akut sering hadir dengan riwayat trauma kecil untuk jari kuku atau manipulasi, disengaja atau tidak. Keluhan menyajikan adalah nyeri, nyeri, dan bengkak di salah satu lipatan lateral kuku.
  • Paronikia Kronis: Umumnya, pasien melaporkan gejala berlangsung 6 minggu atau lebih. Peradangan, nyeri, dan bengkak dapat terjadi secara episodik, seringkali setelah terkena air atau lingkungan yang lembab.
Faktor Penyebab
Penyebab paronychia Akut  :
  1. Paronychia akut biasanya terjadi akibat peristiwa traumatis, namun kecil, yang memecah penghalang fisik antara kuku dan kuku, gangguan ini memungkinkan infiltrasi organisme menular.
  2. Paronychia akut dapat disebabkan oleh kondisi yang tampaknya tidak berbahaya, seperti hangnails, atau dari kegiatan, seperti menggigit kuku, mengisap jari, manicuring, atau penempatan kuku buatan.
  3. Staphylococcus aureus merupakan organisme penyebab infeksi yang paling umum. Organisme, seperti Streptococcus dan spesies Pseudomonas, bakteri gram negatif, dan bakteri anaerob adalah organisme penyebab lainnya.
  4. Akut (kronis dan) paronychia juga dapat terjadi sebagai manifestasi dari penyakit lainnya, seperti pemphigus vulgaris. Meskipun kasus keterlibatan kuku di pemphigus vulgaris jarang terjadi, mereka bisa menjadi berat, yang melibatkan beberapa digit dan perdarahan.


Penyebab paronychia kronis:
  1. Penderita alergi
  2. Penderita diabetes
  3. Terutama disebabkan oleh ragi jamur Candida albicans.


  4. Penyebab jarang  lainnya dari paronychia kronis termasuk bakteri, infeksi mikrobakteri.
  5.  


CARA MENGATASI CANTENGAN 

Apa Penyebab Cantengan ?
Cantengan Diakibatkan oleh beragam hal, seperti halnya ketika memotong kuku terlampau pendek atau terlalu tajam yang pada akhirnya ujung kuku merobek kulit saat tumbuh, menggunakan sepatu yang terlampau ketat, serta gerakan kaki yang berhenti secara mendadak pada saat melakukan olah raga, seperti basket dan bulutangkis, sehingga kondisi kuku menghujam ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi. Juga bisa dipicu oleh penggunaan sepatu yang terlalu sempit sehingga kondisi jempol kaki tidak leluasa.

Apa Saja Obat Cantengan Tradisional Itu ?
Resep 1
• Daun pacar kuku / pacar jawa secukupnya
• Gula merah secukupnya
• 1 satu sendok teh air perasan jeruk nipis
• Basuh atau cuci dahulu sampai bersih semua bahan yang tersedia, haluskan, lalu tambahkan air perasan jeruk nipis.
• Tempelkan ramuan tadi atau kompreskan pada bagianyang sakit cantengan.
• Selanjutnya balut dengan kain kasa, biarkan sampai 3-4 jam, kemudianganti dengan yang baru.
Resep 2
• Daun dan batang tempuh wiyang
• Gula pasir secukupnya
• Haluskan tempuh wiyang dahulu, selanjutnya di tempelkan pada area kuku yang sakit, lalu balut.
Resep 3
Kuku yang cantengan diperban dengan menggunakan parutan jahe yang telah dicampur dengan sedikit minyak kelapa dan sudah dipanggang di atas api (ingat jangan sampai kering) dalam kondisi masih hangat. Selanjutnya agar lebih efektif ganti perban saat pagi dan sore hari. Lakukanlah selama kurang lebih 3 hari sampai kukunya lepas.
Resep 4
Ambilah 2-3 siung saja bawang merah. Setelah dilakukan penggilingan atau dihaluskan, bubuhilah kira-kira 1 sendok makan minyak kelapa, dan balutkan dengan daun pisang. Kemudian sangrai sampai daunnya menjadi layu lalu balutkan pada jari-jari yang cantengan dengan memakai perban, lakukan 2-3 kali sehari selama 3 hari.
Resep 5
Daun inai atau daun pacar biasanya kerap digunakan untuk aksesoris sebagai cat kuku atau cutex, Akan tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai obat luka.
Apabila terjadi kuku tangan anda membengkak, atau jari kuku tersandung batu, maka bisa diobati dengan menggunakan daun inai (pacar).
Caranya:
Ambilah daun inai secukupnya selanjutnya ditumbuk sampai halus. Campurkan sedikit tawas. Kemudian di tempelkan ramuan ini dibagian yang terasa sakit atau cantengan.
Resep 6
Bawang Merah, bawang merah tidak terlalu asing bagi kita terutama bagi ibu rumah tangga pada artikel sebelumnya juga telah banyak di singgung tentang manfaat dari bawang merah ini.
Nah untuk mengobati cantengan menggunakan bawang merah cukup mudah.
Caranya :
Ambilah bawang merah 2 atau 3 butir lalu kupas dan cuci hingga bersih, Giling, akan tetapi jangan sampai halus,
Bubuhilah dengan minyak kelapakurang lebih 1 sendok makan. Aduklah sampai kondisi minyak tersebut tercampur betul dengan bawang. Langkah selanjutnya ambil secarik daun pisang, kemudian letakkan ramuan bawang dan minyak kelapa tadi diatas daun pisang,
Kemudian bakar diatas api sedang hingga panas.
Pemakaiannya:
Dalam kondisi panas (sekuat kita) ramuan ini kita balutkan ke bagian jari yang cantengan bersamaan pula dengan daun pisangnya, kemudian balut kembali dengan kain perban dan ikat supaya tidak lepas.
Anda bisa lakukan penggunaan ramuan ini selama 3 sampai 4 kali dalam sehari. Selama 2 atau 3 hari berturut-turut. Coba rasakan rasa berdenyut-denyut nyeri pada ujung jempol kaki anda lambat laun akan berkurang. Dan pada hari keempat cantengan pada jempol kaki akan hilang.

Bagaimana Cara Pencegahan Cantengan ini ?
Nah untuk mencegahnya pastikan ketika anda memotong kuku lakukan dengan baik dengan tidak meinggalkan pola potongan yang tajam dan bisa berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan ataupun kaki yang baru. Hindarilah mengunakan sepatu yang sempit sehingga ketika dibuat jalan akan terasa nyaman dan kondisi jari kaki tidak terdesak oleh sepatu.
Selalu berhati-hati saat melakukan olah raga yang banyak menggunakan gerakan meloncat jangan sampai jari kaki menghujam kelantai dan perlu diperhatikan pula adalah selalu jaga kondisi jari kaki jangan sampai lembab sebab apabila terjadi cantengan dan dalam kondisi lebab maka akan terjadi penumpukan kuman di area yang terkena cantengan.


No comments:

Post a Comment