Plagiarism Semua yang lo mau disini ..!: 7 PUNCAK TERTINGGI di INDONESIA

Thursday 3 July 2014

7 PUNCAK TERTINGGI di INDONESIA


  Tentu kita mengingat bagaimana  masa kejayaan Capres kita Jendral Prabowo Subianto saat memimpin satuan tempur Kopassus saat menaklukan Puncak tertinggi di dunia yaitu Puncak Gunung Everest yang mempunyai ketinggian sekitar 8.848 mdpl pada tahun 1997 .. sungguh luar biasa bukan :p .. Mengapa luar biasa? karena mereka merupakan Tim expedisi Indonesia pertama yang mampu mengibarkan bendera Merah putih Indonesia di Puncak tertinggi dunia, meskipun sebelumnya dikabarkan pernah ada tim putri Indonesia yang mendaki everest namun hingga saat ini tidak pernah ada klarifikasi pembuktian atas pernyataan tersebut,,.. dan satu lagi Wanadri saja yang merupakan organisasi resmi pecinta alam Indonesia, mereka baru bisa mendaki everest baru-baru ini saja...



Nah .. sebelum kita mengenal lebih jauh tentang puncak tertingg di dunia , alangkah baiknya kita kenali dulu gunung-gunung mana saja yang merupakan gunung tertingg di Indonesia ? mengapa kawan harus mengenal gunung tertinggi Indonesi dulu ? selain kita harus cinta Indonesia kita juga harus mengetahui kondisi medan dari setiap gunung ,, karena kopassus wanadri dan yang lainnya tiba di everest itu bukanlah SKS(sistem kebut semalam) artinya mereka mempersiapkan semua itu sudah dari jauh-jauh hari agar keselamatan dan kenyamanan mereka dalam mendaki sebuah gunung itu semua terjamin ... Tahukah kamu? gunung mana saja yang menjadi 7 gunung tertinggi di Indonesia?
ini dia ulasannya .. cekidot...


1.Gunung Jaya wijaya (puncak cartenz pyramid)

gambar ini menunjukkan bagaimana susahnya medan yang harus dilalui para pendaki saat mencoba menaklukan puncak tertinggi di Indonesia ini.

     
               Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 5.030 mdpl. Puncak Carstenzs yang biasa disebut juga Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Letaknya berada di kordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne. Rute pendakian termudah bisa melalui Ilaga (jalur utara) atau Singa dan Tembagapura. 


 2.Gunung Mandala, Papua




Gunung tertinggi kedua di Indonesia – Puncak Mandala – juga berlokasi di Papua. Gunung yang menjulang setinggi 4.760 meter ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya di sebelah timur Papua. Pada tahun 90′an, kawasan tertinggi di Puncak Mandala kerap tertutup oleh salju, namun pemanasan global telah melumerkan salju di Puncak Mandala. Sejak tahun 2003, salju tak lagi terlihat menutupi titik tertinggi kedua di Indonesia dan Oseania tersebut. Namun, Puncak Mandala tetap menjadi salah satu tantangan terberat bagi para pendaki gunung dari dalam dan luar Indonesia.

3.Puncak Gunung Trikora, Papua

Masih di Papua, Puncak Trikora (Wilhemina Peak) dapat ditemukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Sama seperti Puncak Mandala, salah satu puncak tertinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, tak terlihat lagi salju di Puncak Trikora. Berdiri kokoh setinggi 4.750 meter, Puncak Trikora sempat dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Namun, data dari SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa Puncak Trikora kalah tinggi dari tetangganya, Puncak Mandala.



4.Gunung Ngga Pilimsit, Papua

Ngga Pilimsit berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia. Dibanding gunung-gunung tertinggi lainnya, Gunung Ngga Pilimsit hanya lebih rendah beberapa puluh meter. Tinggi maksimal Ngga Pilimsit adalah 4.717 meter di atas permukaan laut. Lokasi gunung yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Idenburg tersebut berada di bagian barat pegunungan Maoke, Papua. Ngga Pilimsit berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari pemuncak tahta gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya.
5.Gunung Kerinci (Sumbar & Jambi)



   
Gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

6.Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani menjulang indah di salah satu surga wisata Indonesia yaitu Lombok. Gunung yang disebut-sebut sebagai gunung terindah di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Keindahan Gunung Rinjani menggoda banyak pencinta alam dan penikmat fotografi untuk mendaki. Di bagian dalam Gunung Rinjani, terdapat danau kawah bernama Segara Anak yang menyempurnakan keindahan Gunung Rinjani di mata para

pendaki. Meski berada di ketinggian ribuan kilometer, air di Segara Anak tak terasa dingin karena adanya hawa panas dari dasar Gunung Rinjani.


7.Gunung Semeru, Jawa Timur

Menjulang setinggi 3.676 meter, Gunung Semeru (Mahameru) tercatat sebagai gunung tertinggi di seluruh wilayah Pulau Jawa. Sejak lama, Gunung Semeru telah membuat penasaran para pendaki dari dalam dan luar negeri. Namun, kepopuleran Gunung Semeru kian meningkat setelah beredarnya film “5 cm” yang menceritakan perjuangan 5 sahabat yang berusaha mencapai Puncak Mahameru.

Pendakian Gunung Semeru bukanlah hal yang mudah mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dan menuruni gunung ini bisa mencapai 4 hari. Para pendaki Gunung Semeru bisa berangkat dari wilayah Malang ataupun Lumajang di Jawa Timur.



Apaa? gak puas dengan deretan puncak di Indonesia ? mau yang di Dunia ??? okee gue kasih deh niii klik aja yaa..!!!




    
.                             PUNCAK TERTINGGI DI DUNIA...........................

atau pengen yang lain jugaaa ??? nihh ...




  • FAKTA FAKTA MENGENAI FACEBOOK

  • No comments:

    Post a Comment