Plagiarism Semua yang lo mau disini ..!: Apakah Waktu berpuasa disetiap Negara itu sama ?

Monday 21 July 2014

Apakah Waktu berpuasa disetiap Negara itu sama ?

WAKTU BERPUASA DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA ..!!!



   Pernahkah Anda berpikir Apakah waktu berpuasa di Indonesia sama dengan waktu berpuasa di Negara - negara Eropa?Amerika? Arab bahkan di Afrika? Jawabannya TIDAK !!! hehe kenapa demikian ? yuk kita Bahas Selengkapnya di downloadajadisinihelmi.blogspot.com ...!!

 Waktu berpuasa di sejumlah Negara ada yang berbeda dan ada juga yang sama , Waktu berpuasa adalah dari terbit fajar sampai dengan Terbenam Matahari . Tapi bagaimana bagi negara-negara yang ada di daerah kutub? di negara-negara dekat dengan kutub Malam hari hanya berlangsung selama 3 jam, bisa anda bayangkan betapa lamanya berpuasa di negara tersebut .. ???
dan berikut akan saya ulas beberapa Negara yang mengalami waktu berpuasa terlama dan terpendek di Dunia ... cekidooottt... :D
 

Negara - Negara yang berpuasa dengan Waktu Terlama ...!!

1. Negara Islandia (21 jam 57 menit)



      Umat muslim di kota Reykjavik, Islandia tercatat harus menjalankan puasa terlama dibandingkan umat muslim lain. Pasalnya, anda harus menunggu azan magrib hingga 21 jam 57 menit, bisa anda bayangkan bagaimana puasa di Islandia, anda hanya punya waktu selama 2 jam  3 menit untuk melakukan Sholat Terawih, dan sahur setelah 2 jam berlalu anda harus kembali berpuasa selama 21 jam 57 menit hingga waktu berbuka tiba. Bukan hanya waktu puasa yang panjang, tapi cuaca dingin di negeri-negeri utara akan membuat puasa kamu lebih berat dibandingkan biasanya.


2.  Negara bagian Skandinavia (Norwegia,Swedia,dan Finlandia)


Negara-negara yang masuk bagian Skandinavia adalah Swedia, Finlandia, dan Norwegia Tengah. Karena Bulan Puasa tahun ini jatuh pada musim panas maka Matahari di negara- negara ini terbit lebih lama yaitu 21 jam lamanya atau satu hari kurang 3 jam .   negara-negara ini memiliki jangka waktu puasa selama 21 jam. Hal ini menjadikan puasa di wilayah ini menjadi puasa terlama di dunia setelah di Islandia. Namun, di sana juga diperbolehkan bagi umat muslim untuk berbuka mengikuti watu negara Arab Saudi.


3. Rusia


Muslim di Negara Rusia harus bersabar dan berlapang dada dalam menunggu waktu berbuka puasa, karena apa? Rusia adalah salah satu negara yang terletak di bagian paling utara bumi mulai melaksanakan ibadah puasa sejak imsak pada pukul 03:15 sampai berbuka pada pukul 21:37 yang berarti umat muslim disana berpuasa hampir 19 jam .

3. Inggris


Umat muslim yang melaksanakan bulan Ramadhan di Inggris akan melaksanakan ibadah puasa selama 18 jam 5 enit. Namun pada tahun ini, waktu berbuka puasa di Inggris lebih cepat sehingga durasi puasa di Inggris menjadi 17 jam 45 menit.

4. Amerika Serikat 


Di negara paman sam ini, waktu berpuasa juga tercatat lebih lama, yaitu sekitar 16 jam. Dalam waktu yang cukup lama ini mereka harus sabar dan bertahan menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu buruk lainnya. Tercatat umat muslim yang tinggal di negara Amerika Serikat ada di kota California, New York, Ohio, dan Washington.

5.Jepang

Sementara umat muslim yang bermukim di Jepang harus berpuasa selama 16 jam 37 menit. Selain waktu berpuasa yang cukup lama, umat muslim juga cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal karena didominasi umat Budha dan Kristen.


Negara - Negara yang berpuasa dengan waktu Terpendek di Dunia  !!!


1.Somalia

Meski tengah diguncangkan dengan perang sipil namun rakyat Somalia menyambut puasa dengan suka cita. Penentuan puasa tidak diatur oleh pemerintahannya lantaran sudah puluhan tahun negara ini tidak punya pemerintahan efektif. Waktu shaum mereka berkiblat pada Arab Saudi.Tidak ada tradisi khusus berpuasa di Somalia lantaran mereka banyak dihuni warga Arab, India, dan segelintir orang Eropa. Hampir sama dengan di Indonesia, mereka juga melaksanakan salat tarawih di masjid-masjid dan berbuka bersama.

2.Argentina


Ibu Kota Buenos Aires masuk dalam daftar wilayah yang puasanya singkat yakni 9 jam 37 menit. Tak beda jauh dengan di Chili, kegiatan warga muslim di sana pun dilakukan seperti biasa meski musim dingin tengah melanda.?
Populasi muslim Argentina hanya sekitar 1,9 persen. Namun negara itu termasuk ramah pada muslim. Warga non-Islam di sana jarang melakukan intimidasi pada penduduk muslim di sana.

  3.Chile

Negara termasuk paling selatan sejagat ini bakal mengalami puasa hanya 9 jam 12 menit. Mereka berpuasa sekitar pukul 05.31 waktu setempat dan berbuka pada pukul 15.00 waktu setempat.
Meski demikian puasa bagi muslim di Chile bakal mengalami hambatan sebab cuaca dingin dan kering walau mereka tetap berkegiatan seperti biasa.

4. Kepulauan Komoro


Kepulauan Komoro menjadi negara jazirah Arab yang paling pendek waktu puasanya yakni 12 jam 31 menit. Meski cuaca terhitung dingin dan kering namun tidak sampai mengganggu ibadah puasa di sana.?Tradisi muslim di sana tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Sebagai agama mayoritas pemerintah dan warga melangsungkan puasa pada waktu yang telah ditentukan otoritas dan sering disediakan menu berbuka gratis dari pemerintah untuk warga. 


Lalu bagaimana dengan di Indonesia ?



Setiap Ramadhan tiba, kaum muslim di seluruh dunia diwajibkan berpuasa. Mereka tidak boleh makan dan minum dari terbit hingga tenggelamnya Matahari. Perbandingan durasi puasa tahun 2014 pun berbeda-beda, tergantung wilayahnya.
Sementara pada tahun ini durasi puasa di Indonesia sekitar 13 jam sampai dengan 13,5  jam (13 jam 30 menit).  Nahh bagaimana kawan - kawam semua ?? Jika selama ini anda sering mengeluh dengan lamanya waktu berpuasa di Indonesia yang termasuk relatif cukup singkat lalu bagaimana jika dibandingkan dengan negara - negara bagian utara yang harus puasa sampai 22 jam lamanya ....
 
Thanks ya dahh Mampirr ....


- See more at: http://www.tercengang.net/2014/06/5-negara-dengan-waktu-puasa-paling-lama-di-dunia.html#sthash.9bEYaH0f.dpuf

No comments:

Post a Comment